PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP COMPETITIVE ADVENTAGE PADA PT. ASSANUSIYAH SAPALAPUTRA PROPERTY
Abstract
Di era revolusi industri 4.0 dan 5.0 society mengharuskan perusahaan untuk meningkatkan daya saingnya, selain dari sumber daya manusia, produk juga harus dapat bersaing secara kompetitif agar dapat merebut pasar dan peluang. Dengan begitu membuat konsumen semakin kritis dalam memilih produk, menuntut perusahaan untuk mampu menawarkan produk yang baru, berbeda dan jauh lebih baik kualitasnya dengan produk yang ditawakan oleh pesaing. Jika inovasi produk dirasa baik, maka konsumen tidak merasa ragu untuk melakukan pembelian sehingga perusahaan dapat mencapai competitive adventage.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Inovasi Produk terhadap Competitive Aventage pada PT. Assanusiyah Sapalaputra Property.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan data kuantitatif yang diperoleh melalui kuesioner terhadap sampel sebanyak 78 orang dengan menggunakan probability sampling yakni teknik random sampling. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, inovasi produk berpengaruh positif terhadap competitive adventage, hal ini terlihat dari nilai t hitung sebesar 17.700 yang jauh lebih besar dati t tabel 1,665. Adapun nilai koefisien korelasi anatara Inovasi produk terhadap Competitive Adventage adalah sebesar 0,901 yang berada 0,800 – 0,1.000 dan menghasilkan koefisien determinasi sebesar 0,811 atau 81%. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh Inovasi Produk sebesar 81% dan sisanya 19% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.
References
Ambarwati, Arie. 2018. Perilaku dan Teori Organisasi. Malang: Media Nusa Creative.
Amstrong, Philip. Kotler. 2016. Principle of Marketing. North Carolina: Pearson Education Limited.
________, Philip. Kotler. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke. 9. Jakarta: Erlangga.
Aprizal. 2018. Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing. Makasar: Celebes Media Perkasa.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanti, dkk. 2016. Manajemen Pemasaran. Medan : Perdana Publishing.
Assauri, Sofjan. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Daft. 2017. Manajemen Control System Network. Newyork: Mc Graw-Hill Education.
Fatihudin, dkk. 2020. Manajemen Strategi dari Teori Praktek. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Hutahean, Jeperson. 2018. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Ismanto, Juli. 2020. Manajemen Pemasaran. Banten: UNPAM PRESS.
Kotler & Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler & Keller. 2020. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kuncoro, Mudrajad. 2019. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 4. Jakarta: Erlangga.
Maryanti, Sri. 2017. Manajemen Usaha Kecil. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Mulyadi, Winarso. Widi. 2022. Manajemen Pemasaran. Bekasi: CV. Pena Persada.
Nel, Ariyanti. 2016. Manajemen Pemasaran. Medan: Perdana Publishing.
Philip Kotler, Gary. Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England.
Saladin, Djaslim. 2022. Manajemen Pemasaran : Analisis, Pelaksanaan, dan. Pengendalian. Bandung: Linda Karya.
Satriadi, Wanawir. dkk. 2021. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Silaen. 2018. Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media.
Sondang Siagan, 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Bumi. Aksara.
Sujarweni, W. 2018. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.
________. 2021. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafarudin, Dadang. 2018. Pengantar Manajemen Pemasaran. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Tjiptono, Fandy. 2017. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi. Website.
Wibowo. 2020. Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Perd.
Yulianti, Farida. dkk. 2019. Manajemen Pemasaran. Banjarmasin: CV Budi Utama.
Undang-Undang Republik Indonesia No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen
Dahmiri, dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Produk Terhadap keunggulan Bersaing UMKM Kuliner di Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Economics and Bussines. (434-438)
Entis, Haryadi. (2016). Pengaruh Size Perusahaan, Keputusan Pendanaan, profitabilitas dan Keputusan Inovasi Terhadap Nilai Perusahaan Universitas Serang raya. Jurnal Akuntansi. (46-52)
Noviani, Lona. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kreatifitas Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Studi Kasus Pada Kerajinan Tikar Eceng Gondok Liar. JUMANIS (Jurnal Manajemen dan Bisnis). (2076-2086)
Oktavianur, dkk. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Burger Mac. JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis. (64-70)
Oktavianus, dkk. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pengolahan Rumput Laut di Wakatobi. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako. (212-227)
Riany, Adhe. Ira. (2020). Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Studi Kasus Wedding Organizer Hastina Puspita Decoration Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keungan. (94-104)
Rismawan, dkk. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Survei Pada KOnsumen Samudra Bordir Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. (4307-4311)
Wahyudi, Acep. Iwan. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan E-Commerce Terhadap Keunggulan Bersaing Survei Pada Konsumen Produk B.O.T Store Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. (3487-3490)
Copyright (c) 2024 PRISMAKOM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The submitted paper is assumed not to contain proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications