PENGARUH LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA MINUTA KOPI)

  • Addy Satriandi STIE Yasa Anggana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan keputusan pembelian konsumen yang diduga disebabkan oleh lokasi yang kurang strategis dan sulit di akses oleh konsumen. Berdasarkan data yang diperoleh dapat dilihat bahwa Minuta Kopi menargetkan minimal 550 gelas minuman yang terjual per bulan. Di tahun 2021 dan 2022 penjualan Minuta Kopi mengalami penurunan, dari sisi penjualan minuman yang terlihat dari selisih antara target penjualan dengan jumlah penjualan minuman di Minuta Kopi. Berdasarkan wawancara pendahuluan dengan pemilik Minuta Kopi, yang menjadikan penjualan menurun karena konusmen memutuskan untuk tidak membeli produk Minuta Kopi pada dua tahun terakhir diantaranya: konsumen kurang mengetahui produk-produk Minuta Kopi karena Minuta Kopi sendiri jarang memasang iklan di media-media sosial untuk dapat menarik minat konsumen; sebagian besar konsumen membeli produk berdasarkan merek yang mereka ketahui dan kenali, sedangkan merek Minuta Kopi tidak terlalu familiar di benak konsumen sehingga keputusan membeli produk Minuta Kopi pun menurun; Keengganan konsumen untuk merekomendasikan produk Minuta Kopi kepada konsumen lainnya.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif asosiatif, dimana penulis hanya meninjau masalah yang terjadi dalam satu perusahaan dan tidak membandingkan dengan perusahaan lain. Yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Minuta Kopi. Karena jumlah populasi dalam penelitian ini tersebar luas sehingga sulit untuk diketahui maka dilakukan pengambilan sampel untuk penelitian ini yaitu konsumen dari berbagai latar belakang yang berbeda. Untuk memudahkan pengambilan dan pengolahan data, maka jumlah sampel dalam penelitian ini dibulatkan menjadi 68 orang responden mengingat jumlah konsumen yang tentunya sangatlah banyak. Adapun untuk teknik sampling yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan cara simple random sampling.

Dari hasil perhitungan koefisien korelasi Rank Spearman didapat hasil sebesar 0,750. Koefisien korelasi tersebut berada pada interval yang “Kuat” karena terletak pada interval 0,600 – 0,799 sehingga dapat ditafsirkan bahwa pengaruh antara variabel X (Lokasi) terhadap Y (Keputusan Pembelian) mempunyai pengaruh Kuat. Untuk perhitungan koefisien determinasi, dapat dikatakan bahwa besarnya kontribusi lokasi terhadap keputusan pembelian pada Minuta Kopi adalah sebesar 56,25% dan sisanya 43,75% di pengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak di teliti.

 

Published
2024-10-25
How to Cite
Satriandi, A. (2024). PENGARUH LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA MINUTA KOPI). PRISMAKOM, 22(1), 58-69. https://doi.org/10.54918/prismakom.v22i2.122
Section
Articles