PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN AIR MINUM DALAM KEMASAN CLEO
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN AIR MINUM DALAM KEMASAN CLEO
Abstract
Industri Air Minum Dalam Kemasan merupakan salah satu industri yang memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Dengan banyaknya produk sejenis di pasaran, konsumen dihadapkan pada alternatif pilihan dalam melakukan pembelian. Salah satu merek yang ikut bersaing dalam industri ini adalah Cleo. Lokus penelitian ini di PT Sentralsari Primasentosa Cabang Garut, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran kualitas produk, kepuasan konsumen dan pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen produk air minum dalam kemasan Cleo pada PT Sentralsari Primasentosa Cabang Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, sedangkan pengumpulan dengan penyebaran kuesioner, wawancara, observasi dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini seluruh konsumen serta pelanggan PT Sentralsari Primasentosa Cabang Garut dengan sampel 68 orang, menggunakan teknik sampling incidental. Teknik analisis menggunakan uji korelasi, uji koefisien determinasi dan uji t. Hasilnya didapatkan nilai koefisien korelasi terdapat pengaruh “rendah” 0,388 dan nilai koefisien determinasi 15,1% sisanya 74,9% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji t diperoleh thitung (6,847) > t-tabel (1,295) dan nilai sig (0,000) < (0,1), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Air Minum Dalam Kemasan Cleo pada PT Sentralsari Primasentosa Cabang Garut.
References
Buku
Daga, Rosnaini. 2017. Citra, kualitas Produk dan kepuasan pelanggan. Sulawesi Selatan.
Penerbit : Global Research And Consulting Institute
Kotler, Philip., and Gray Amstrong. 2017. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1.
Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip., dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 &2.
Jakrta: PT. Indeks
Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional sampai Era Medernisasi Global. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Cetakan Ke-26. Bandung: CV Alvabeta
. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alvabeta
Undang-undang dan Peraturan
Peraturan menteri perindustrian tentang persyartan teknis industri Air Minum Dalam Kemasan Pasal 1 bahwa AMDK merupakan air yang telah diproses tanpa bahan pangan serta bahan tambahan pangan yang dikemas serta aman untuk diminum.
Jurnal-jurnal
Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21-30.
Agung, Anak., Luh, Ni. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Dan Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11(1), 87-36
Umami, R., Rizal, A. & Sumartik. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumeb Kedai Warsu Coffe Cafe, 250-257.
Wantara, P., & Tambrin, M. (2019). The Effect of price and product quality towards customer satisfaction and customer loyalty on madura batik. International Tourism and Hospitality Journal, 2(1), 1-9.
Internet
https://cleopurewater.com/ di akses 30 Januari 2023
Copyright (c) 2024 PRISMAKOM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The submitted paper is assumed not to contain proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications