STRATEGI PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN OBJEK WISATA SITU BAGENDIT DI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN GARUT
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu seumber pendapatan negara yang da[pat dikembangkan untuk menambah devisi negara yang akan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Kabupaten Garut merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki sumber daya alam yang unik untuk dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata dan berpotensi menjadi sumber pendapatan asli daerah Kabupaten Garut yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi empiris parwisata, strategi komunikasi pemasaran terpadu, kendala yang dihadapi dan langkah-langkah strategis yang dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data teknik digunakan adalah observasi partisipatif, dokumentasi, wawancara mendalam dan triangulasi.
Kondisi empiris pariwisata di Kabupaten Garut menunjukan adanya perkembangan yang masih berfokus pada pembangunan destinasi wisata secara fisik, termasuk di Situ Bagendit. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut dalam mengembangkan Situ Bagendit juga melaksanakan program promosi parwisata namun belum dilakukan secara terintegrasi dan menerapkan fungsi strategis komunikasi pemasaran karena dihadapkan berbagai kendala seperti sdm, dukungan anggaran, sinergitas, peran badan promosi parwisata daerah dan terlambatnya sadar wisata.
Copyright (c) 2024 PRISMAKOM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The submitted paper is assumed not to contain proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications