PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PROGRAM STUDI KEUANGAN DAN PERBANKAN PADA STIE YASA ANGGANA
Abstract
Pada saat ini kesadaran masyarakat akan pendidikan tinggi cenderung meningkat masyarakat sudah mulai berfikir lebih maju, masyarakat beranggapan bahwa salah satu untuk mencapai kemajuan tersebut adalah dengan melalui pendidikan yang lebih tinggi dengan meningkatnya kesadaran tersebut, maka di perlukan lembaga pendidikan untuk memfasilitasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas dirinya yaitu melalui perguruan tinggi. Obyek penelitian adalah mahasiswa program studi Perbankan dan Keuangan yang beralamat di Jalan Otista no 278a Tarogong Garut dan di jalan Pembangunan No. 161 A Tarogong Kidul Garut. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh mahasiswa program studi Perbankan dan Keuangan D3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif kausal dimana variabel bebas dalam penelitian ini adalah faktor-faktor perilaku konsumen yang terdiri dari motivasi sedangkan variabel terikat adalah keputusan pembelian.
Berdasarkan hasil pengujian dan analisis statistik terdapat pengaruh motivasi terhadap keputusan memilih program studi Keuangan dan Perbankan pada STIE “Yasa Anggana” Garut. Pengaruh motivasi terhadap keputusan memilih program studi berdasarkan hasil perhitungan sebesar 0,081 artinya untuk setiap peningkatan motivasi mahasiswa, keputusan mahasiswa memilih program studi perbankan dan keuangan bertambah sebesar 0,081. variabelitas keputusan memilih program studi sebesar 41,8 % sementara pengaruh sebesar 58,2 % disebabkan oleh variabel lain di luar model ini. Berdasarkan perhitungam uji F, diketahui bahwa FHitung sebesar 28,028 dan sig. 0,000. Nilai F Tabel adalah 3,24 sehingga 28,028 >3,24 (FHitung > FTabel ) dan sig. 0,000. < 0,10 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada hubungan linier antara variabel motivasi dengan keputusan memilih program studi prodi Keuangan dan Perbankan. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa variabel motivasi mempengaruhi keputusan memilih program studi perbankan dan keuangan.
References
Azwar, Syaifuddin, 2001, Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Blackwell, R.D, Engel, J.F & Miniard, P.W. 2006. Consumer Behavior, 10th ed. Canada. Thomson South Western
Damiati dkk, 2017, Perilaku Konsumen, Rajawali pers, Depok.
Djarwanto, 1999, Statistik Nonparametrik, BPFE Yogyakarta.
Effendi, Usman, 2016, Psikologi Konsumen, Rajawali Pers, Jakarta
Ferrinadewi, Erna. 2008, Merek dan Psikologi konsumen, Implikasi pada,
Guiltinan, Joseph P, Paul, Gordon W. 2001, Manajemen Pemasaran, Strategi dan Program.
Handoko, Hani, 2001, Manajemn Personalia dan Sumber Daya Manusia Edisi Ketujuh, Yoyakarta, Penerbit BPFE.
Kotler, Philip, 2000, Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control, Ninth Edition, Prentice Hall, Inc, Upper Saddle River, New Jersey.
Kotler, Philip, Amstrong, Garry 1996, Priciple of Marketing, Ninth Edition, Prentice Hall, Inc.
Kotler, Philip dan Keller, lane, Kevin, 2018, Manajemen pemasaran edisi 12 Jilid 1,Indeks.
Loudon, David L and Albert J. Della Bitta, 2004, Consumer Behavior Concepts and Appications. Third Edition Singapore, MC Graw Hill Inc.
Marlius, Doni. "Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh." (2016).
Muhammad, Suwarsono, 2004, Manajemen Strategik, Konsep dan Kasus, Edisi ketiga, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Nazir, 1998, Pengantar Metode Statistika Cetakan ke sembilan, Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial, Jakarta.
Riduwan, dan Kuncoro, Engkos Achmad, 2017, Cara Mudah Menggunakan dan memaknai, Path Analysis (Analisis Jalur ), Alfabeta, Bandung.
Robbins, Stephen, 2006, Perilaku Organisasi, 2006 Perilaku Organisasi, PT Indeks, Kelompok Gramedia.
Sanjaya, S. P, 2007, Pengaruh Persepsi dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatzu Xenia, UWM Surabaya.
Schiffman, Leon G. dan Lesli Lazar Kanuk, 2000, Consumer Behavior, 7th Edition, Prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey. Sigit, Soehardi, 2002, Pemasaran Praktis, edisi ketiga, Yogyakarta, BPFE, Yogyakarta.
Simamora, Henry, 2002 Sumber Daya Manusia, STIE YKPN, Yogyakarta.
Solomon, Micahel R, Bamossy dan Elnora W, Askrgaard, 2002, Marketing Real People Real Choice, 2rd Edition, Prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey.
Swasta, Basu dan Handoko, T.Hani, 2000, Manajemen Permasaran Analisis Perilaku Konsumen, edisi kedua Liberty, Yogyakarta.
Syafarudin, Dadang, 2018, Pengantar manajemen pemasaran, Mangga Makmur Lestari, Bandung.
Sugiyono, 2015, Cara mudah menyusun skripsi, tesis dan disertasi, Alfabeta, Bandung
Sanusi, Achmad. 2014. Pembaharuan Strategi Pendidikan. Bandung. Nuansa Cendikia.
Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa. 2011. Bayu Media. Jawa Timar
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi
Upper Saddle River, New Jersey.________ , 2003, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan PT Indeks, Kelompok Gramedia.
Copyright (c) 2024 PRISMAKOM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The submitted paper is assumed not to contain proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications