Penerapan E-Commerce dan Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing Studi Kasus Pada Mahkota Java Coffee Garut

Main Article Content

Dadang Syafarudin
Ismi Aulia

Abstract

Penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh e-commerce terhadap keunggulan bersaing pada Mahkota Java Coffee Garut dalam kriteria baik. Pengujian korelasi yang dilakukan menunjukan penerapan e-commerce berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing dengan nilai 0,619, yang berarti penerapan e-commerce berpengaruh terhadap keunggulan bersaing sebesar 38,3%, sedangkan sisanya sebesar 61,7% merupakan pengaruh dari variabel lain di luar penerapan e-commerce yaitu biaya dan diferensiasi (Porter, 2010). Langkah berikutnya dilakukan uji hipotesis dengan nilai  sebesar t hitung 6,459. Untuk sampel sebanyak 69 dan α=0,05 diperoleh   t tabel sebesar 1,996 maka nilai  ≥  = 6,459≥1,996 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat pengaruh positif antara e-commerce terhadap keunggulan bersaing.

Article Details

How to Cite
Syafarudin, D., & Aulia, I. (2021, March 10). Penerapan E-Commerce dan Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing. PRISMAKOM, 18(1), 12-24. https://doi.org/https://doi.org/10.2301600/prismakom.v18i1.67
Section
Articles

References

Asiabugwa, Mary A. & Munyoki, Justus. 2013. E-Commerce Strategi and Performance of Commercial Banks in Kenya. African Journal of Business.
Bowo, Arie Koko, dkk. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Pada Notebook Merek Acer. Jurnal Gaussian. Volume 2. Nomor 1.
Candraningtyas, Sherly, dkk. 2013. Regresi Robust Mm-Estimator Untuk Penanganan Pencilan Pada Regresi Linier Berganda. Jurnal Gaussian. Volume 2. Nomor 4.
finance.detik.com diakses pada 3-7-2020/11:44 WIB
https://elib.unikom.ac.id diakses pada 3-7-2020/11:24 WIB
https://id.wikipedia.org/wiki/Starbucks diakses pada 3-7-2020/16:44 WIB
http://repository.unpas.ac.id diakses pada 3-7-2020/11:24 WIB
http://repository.stiewidyagamalumajang.ac.id diakses pada 3-7-2020/11:24 WIB
http://repository.unpas.ac.id diakses pada 3-7-2020/11:24 WIB
https://swa.co.id diakses pada 5-7-2020/10:36 WIB
https://www.statistikian.com diakses pada 3-7-2020/11:24 WIB
Daneshvar, Poolad & Ramesh, H.N. 2010. Review of Information Technology effect on Competitive Advantage-Strategic Perspective. International Journal of Engineering Science and Technology. Vol. 2 (11). 6248-6256.
Dirgantoto, Crown. 2001. Manajemen Stratejik: Konsep, Kasus, dan Implementasi, Jakarta: Grasindo.
Donni Junni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta
Geraldy, Tambajong. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA 1291 Vol. 1 No. 3 September 2013, Hal. 1291-1301 ISSN 2303-1174.
Irmawati, Dewi. 2011. Pemanfaatan E-commerce dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, edisi ke-VI. 95-112.
Junaidi. 2010. Prosedur Uji Chi-Square. Fakultas Ekonomi universitas Jambi.
Mukhija, P., Leena, J. & Nangpal K. 2013. Utilization of Technology in Human Resource Management. Astitva International Journal of Commerce. Management and Social Sciences. Vol. 2, No. 3. 72-89.
Palaudi, Salman. 2016. Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-wom) terhadap Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan, dan Loyalitas Destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan. Tesis, MM IBN Jakarta.
Pranata, I Made Adi & Darma, Gede Sri. 2014. Strategi Penerapan E-commerce dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing.Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 11. No. 1.
Rahmidani, Rose. 2015. Penggunaan E-commerce dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Whardana, Aditya. 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Forum Keuangan dan Bisnis.