Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Studi pada ELZATTA Hijab Garut

Main Article Content

Arti Sukma Lengkawati

Abstract

Influencer marketing merupakan salah satu strategi pemasaran dengan melakukan promosi penjualan oleh seseorang yang memiliki pengaruh (influencer) dalam memengaruhi konsumennya untuk melakukan keputusan pembelian produk Elzatta Hijab khususnya di Elzatta Hijab Garut Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh influencer marketing dan keputusan pembelian serta pengaruh influencer marketing terhadap keputusan pembelian di Elzatta Hijab Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif asosiatif, dengan bentuk hubungan kausal, lalu jenis data kuantitatif dan skala ordinal. Responden yang diambil dalam penelitian ini adalah konsumen Elzatta Hijab Garut yang diambil sampel 68 responden. Selanjutnya diolah menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji korelasi sederhana, uji koefisien determinasi, uji signifikan parsial (uji t), dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh influencer marketing terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 7.727 > t-tabel 1.668, maka Ho ditolak dan Ha terima yang berarti influencer marketing (variabel X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (variabel Y) di Elzatta Hijab Garut, dengan koefisien korelasi terdapat pengaruh “kuat” yaitu sebesar 0,689. Sedangkan hasil koefisien determinasi sebesar 48% dan sisanya sebesar 52% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti.

Article Details

How to Cite
Lengkawati, A. (2021, March 13). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. PRISMAKOM, 18(1), 33-38. https://doi.org/https://doi.org/10.2301600/prismakom.v18i1.69
Section
Articles

References

Glucksman Morgan, 2017, ”Rise of Social Media Influencer Marketing on Lifestyle Branding” Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, Vol. 8, No. 2 • Fall 2017
Grenny, Joseph dkk. 2013. Influencer ; Ilmu Baru Dalam Memimpin Perubahan. Edisi kedua Yang Telah Direvisi. Jakarta : Dunamis Intra Sarana
Hariyanti, NT & Wirapraja, A. 2018. ”Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern.” Jurnal Eksekutif Vol 15 No 1 (133-146). STIE IBMT Surabaya
Hasibuan, M. 2017. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Cetakan ke 14 Jakarta : Bumi Aksara
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. edisi tiga belas bahasa Indonesia jilid dan 2. Jakarta : Erlangga
Nisrina, Mella Ranty. 2019. ”Pengaruh Beauty Vlogger sebagai Influencer Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Institusional Repositories & scientific Journals. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan Bandung
Priansa, Juni Donni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer Edisi Pertama. Bandung : Alfabeta
Sangadji, Mamang Etta & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi Santoso, S. 2016. Panduan Lengkap SPSS. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS. Edisi Pertama. Jakarta : Kencana
Sudha, M & Sheena K. 2017. ”Impact Of Influencers In Consumer Decision Process: The Fashion Industry.” Jurnal A Quartely (14-30). SCMS Of Indian Management
Sugiharto, Azi Shiya & Maulana Rezi Ramadhana. 2018. ”Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Sikap Pada Merek.” Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi. Vol VIII No 2. Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Universitas Telkom
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R Dan D. Cetakan Ke 23. Bandung : Alfabeta
Tjiptono, F. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan prima. Edisi kedua. Yogyakarta : CV Andy Offset