Humanities dan Komunikasi : Evaluasi Kurikulum Terintegrasi dan Tradisional dalam Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Diploma IV Kebidanan UNPAD dan AKBID YPSDMI Garut

Main Article Content

Novi Irma Megawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Komponen Konteks, Input, Proses dan Produk pada Kurikulum Terintegrasi dan Kurikulum Tradisional dalam peningkatan kompetensi pada mahasiswa Studi Kasus Pada Kelompok Mata Kuliah Wajib (Blok Humanities) dan Mata Kuliah Komunikasi (Blok BCS) Pada Mahasiswa Kebidanan Prodi D.IV Kebidanan UNPAD dan AKBID YPSDMI Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan paradigma naturalistik. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam terhadap informan pada kedua institusi. Analisis data meliputi penyusunan transkripsi wawancara mendalam, reduksi, melakukan koding, kategorisasi dan penyusunan Thick Description. Proses evaluasi menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan pada komponen produk yang dihasilkan. Kurikulum terintegrasi menghasilkan produk yang jauh lebih baik, karena kompetensi yang dimiliki mahasiswa dapat terukur secara langsung pada waktu yang bersamaan meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor, sedangkan pada kurikulum tradisional, kompetensi mahasiswa lebih menonjol pada aspek kognitif. Adapun aspek kompetensi afektif dan psikomotorik, dapat terukur dalam waktu yang terpisah. Kurikulum terintegrasi menghasilkan produk pembelajaran yang lebih baik yang dapat terlihat dari kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa kebidanan yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

Article Details

How to Cite
Megawati, N. (2021, March 13). Humanities dan Komunikasi : Evaluasi Kurikulum Terintegrasi dan Tradisional dalam Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. PRISMAKOM, 18(1), 39-51. https://doi.org/https://doi.org/10.2301600/prismakom.v18i1.70
Section
Articles

References

Afifudin. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia;2009.
Arifin Z. Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2013.
Bagian Akademik AKBID YPSDMI. Buku Panduan Akademik. AKBID YPSDMI Garut; 2015.
Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Akademik Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi; 2008.
Dimyati. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta; 2013.
Dimyati, Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta; 2006.
Guili Zhang NZ, Robin Griffith, et al. Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) AS A Comprehensive Framework to Guide the Planning, Implementation, and Assessment of Service-Learning Programs. Journal of Higher Outreach and Engagement. 2011.
Hadi R. Dari Teacher- Center Learning ke Student Center Learning: Perubahan Metode Pembelajaran di Perguruan TInggi. Insania; 2007.
Hakan K, Fer Several. CIPP evaluation model scale: development, reliability and validity. Procedia - Social and Behavioral Sciences; 2011.
Harden RM. The Integration Ladder: a tool for curriculum planning and evaluation. Medical Education; 2000.
Herdiansyah H. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu- ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika; 2011.
Kurdi FN. Penerapan Student- Centered Learning dari Teacher- Centered Learning Mata Ajar Ilmu Kesehatan Pada Program Studi Penjaskes. Forum Kependidikan; 2009.
Kurikulum Inti Pendidikan D-III Kebidanan In: Indonesia KKR, editor. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia; 2011.
Lake K. Integrated Curriculum. School Improvement Research Series. U.S Department Education; 1994.
Modul Workshop Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum D-III Kebidanan Berbasis Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT). Jakarta: Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia; 2015.
Norman K. Denzin YSL. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2009.
Nova Yulita. Evaluasi Kegiatan Penelitian Dosen Diploma III Kebidanan dengan Model Context, Input, Process dan Product (CIPP) Di Kota Pekanbaru; 2013.
Rencana Progran Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) Semester I Tahun Ajaran 2014-2015. Program Studi Diploma IV Kebidanan UNPAD;2014.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara; 2014.