Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Memilih Program Studi Keuangan Dan Perbankan Pada STIE Yasa Anggana Garut
Abstract
Pada saat ini kesadaran masyarakat akan pendidikan tinggi cenderung meningkat masyarakat sudah mulai berfikir lebih maju, masyarakat beranggapan bahwa salah satu untuk mencapai kemajuan tersebut adalah dengan melalui pendidikan yang lebih tinggi dengan meningkatnya kesadaran tersebut, maka di perlukan lembaga pendidikan untuk memfasilitasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas dirinya yaitu melalui perguruan tinggi.
Berdasarkan hasil pengujian dan analisis statistik terdapat pengaruh persepsi (X1) terhadap keputusan memilih program studi Keuangan dan Perbankan pada STIE “Yasa Anggana” Garut (Y). Hasil analisis regresi linier sederhana di peroleh hasil bahwa Pengaruh persepsi terhadap keputusan memilih program studi berdasarkan hasil perhitungan sebesar 0,049 artinya untuk setiap peningkatan persepsi mahasiswa, keputusan mahasiswa memilih program studi keuangan dan perbankan bertambah sebesar 0,049. Hasil perhitungan dengan spss diperoleh hasil persepsi (X1) berpengaruh sebesar 25,2 % terhadap keputusan memilih program studi perbankan dan keuangan (Y) sedangkan sisanya sebesar 74,8 % dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil uji t diperoleh hasil penghitungan , diketahui bahwa thitung sebesar 6,943 dan sig. 0.000 Nilai ttabel adalah 1,685 sehingga 6,943 > 1,685 (dan sig. 0,000<0,10 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada hubungan linier antara kedua variabel tersebut; maka variabel indivenden exogenous persepsi mempengaruhi variabel endogenous keputusan memilih program studi.
References
Abbas, Syahrizal. 2009. Manajemen Perguruan Tinggi, Edisi Revisi. Jakarta. Kencana.
Azwar, Syaifuddin, 2001, Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Blackwell, R.D, Engel, J.F & Miniard, P.W. 2006. Consumer Behavior, 10th ed. Canada. Thomson South Western
Damiati dkk, 2017, Perilaku Konsumen, Rajawali pers, Depok.
Djarwanto, 1999, Statistik Nonparametrik, BPFE Yogyakarta.
Effendi, Usman, 2016, Psikologi Konsumen, Rajawali Pers, Jakarta
Ferrinadewi, Erna. 2008, Merek dan Psikologi konsumen, Implikasi pada,
Guiltinan, Joseph P, Paul, Gordon W. 2001, Manajemen Pemasaran, Strategi dan Program.
Handoko, Hani, 2001, Manajemn Personalia dan Sumber Daya Manusia Edisi Ketujuh, Yoyakarta, Penerbit BPFE.
Kotler, Philip, 2000, Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control, Ninth Edition, Prentice Hall, Inc, Upper Saddle River, New Jersey.
Kotler, Philip, Amstrong, Garry 1996, Priciple of Marketing, Ninth Edition, Prentice Hall, Inc.
Kotler, Philip dan Keller, lane, Kevin, 2018, Manajemen pemasaran edisi 12 Jilid 1,Indeks.
Loudon, David L and Albert J. Della Bitta, 2004, Consumer Behavior Concepts and Appications. Third Edition Singapore, MC Graw Hill Inc.
Marlius, Doni. "Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh." (2016).
Muhammad, Suwarsono, 2004, Manajemen Strategik, Konsep dan Kasus, Edisi ketiga, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Nazir, 1998, Pengantar Metode Statistika Cetakan ke sembilan, Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial, Jakarta.
Riduwan, dan Kuncoro, Engkos Achmad, 2017, Cara Mudah Menggunakan dan memaknai, Path Analysis (Analisis Jalur ), Alfabeta, Bandung.
Robbins, Stephen, 2006, Perilaku Organisasi, 2006 Perilaku Organisasi, PT Indeks, Kelompok Gramedia.
Sanjaya, S. P, 2007, Pengaruh Persepsi dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatzu Xenia, UWM Surabaya.
Schiffman, Leon G. dan Lesli Lazar Kanuk, 2000, Consumer Behavior, 7th Edition, Prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey. Sigit, Soehardi, 2002, Pemasaran Praktis, edisi ketiga, Yogyakarta, BPFE, Yogyakarta.
Simamora, Henry, 2002 Sumber Daya Manusia, STIE YKPN, Yogyakarta.
Solomon, Micahel R, Bamossy dan Elnora W, Askrgaard, 2002, Marketing Real People Real Choice, 2rd Edition, Prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey.
Swasta, Basu dan Handoko, T.Hani, 2000, Manajemen Permasaran Analisis Perilaku Konsumen, edisi kedua Liberty, Yogyakarta.
Syafarudin, Dadang, 2018, Pengantar manajemen pemasaran, Mangga Makmur Lestari, Bandung.
Sugiyono, 2015, Cara mudah menyusun skripsi, tesis dan disertasi, Alfabeta, Bandung
Sanusi, Achmad. 2014. Pembaharuan Strategi Pendidikan. Bandung. Nuansa Cendikia.
Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa. 2011. Bayu Media. Jawa Timar
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi
Upper Saddle River, New Jersey.________ , 2003, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan PT Indeks, Kelompok Gramedia.
Copyright (c) 2024 PRISMAKOM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The submitted paper is assumed not to contain proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications


